Selasa, 03 Desember 2019

Kemah Budaya Pantura

Kemah Budaya Pantura 2019
M. Lutfi *

Demi menyongsong era-Revolusi Industri 4.0, Rumah Budaya Pantura (RBP) menyelenggarakan acara Kemah Budaya Panturan (KBP) untuk merevitalisasi kebudayaan Nusantara. Yang akan diadakan di Kemantren, Paciran, tanggal 22 sampai 25 Desember 2019; yakni segenap komunitas kesenian di Provinsi Jawa Timur siap berkumpul mengikuti rangkaian KBP yang diinisiasi oleh Pengurus Rumah Budaya Pantura. Rencana perhelatan akbarnya mengusung grand-tema “Revitalisasi Kebudayaan Nusantara menyongsong era-Revolusi Industri 4.0,” Insyaallah dihelat di sekitaran Kompleks Makam Maulana Ishaq (area GOR), di Desa Kemantren, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

Pada event tersebut, penyelenggara membagi fokus pendalaman materi ke dalam beberapa bidang kesenian; Seni Teater, Seni Tari, Seni Batik, dan Seni Pedalangan (Wayang Kontemporer). Beberapa tokoh lintas wilayah di Jawa Timur juga dihadirkan untuk memantik materi sesuai bidang keahliannya masing-masing. Di antaranya; Mahendra Cipta (Language Theater Indonesia) Sumenep, Galuh T. Utama (Komite Teater Dewan Kesenian Jawa Timur), dan Dody Yan Masfa (Teater Tobong) Surabaya, sebagai pemateri Seni Teater. Dan Ki Ompong Sudarsono asal Temanggung, didapuk jadi pemantik materi Seni Pedalangan Wayang Kontemporer, pun masih banyak para seniman/budayawan bersua memberikan wawasan juga pengalamannya kepada para peserta KBP.

RBP merupakan sarana kebudayaan yang didirikan atas semangat berkesenian para insan di sepanjang wilayah pesisir Pantai Utara Lamongan, Jawa Timur. Komunitas ini terlahir atas kesadaran tinggi para pemuda yang rindu mendamba peradaban peninggalan nenek moyang dahulu kala, yang kini tengah tergerus arus globalisasi serta genderang industri yang semakin merimba di sekitarnya. Dan RBP berusaha tetap tegak berdiri kokoh demi menguri-nguri nilai luhur ‘kabudayan.’ Beberapa aktifitas kesenian sudah kerap diselenggarakan, yang paling mutakhir mengadakan riset mengenai kebudayaan masyarakat pesisir dalam menyongsong era-Revolusi Industri.

Adapun event ini dapat diikuti para pelajar/mahasiswa, komunitas/sanggar kesenian, dan masyarakat umum, atau siapa saja berkenan mengasah diri lebih produktif dalam berkesenian. Nantinya turut hadir pula teaterawan senior Meimura bersama rombongannya untuk menyajikan pertunjukan Ritus Tryvesty, teaterawan Rodli Tl bersama Sangbala Children Theater membawakan lakon Kaum Klepto, Teater Kaleng dengan lakon Sang Sengkuni, dan masih banyak Performer Art baik dari dalam pula luar Kabupaten Lamongan.

Perhelatan KBP tahun ini, penyelenggara menargetkan penguasaan terhadap bidang-bidang kesenian tertentu, yang kemudian dalam penerapannya dikelola sepenuhnya oleh para pemantik dengan metode workshop. Tentu ke depannya berharap agar dari ajang kemah budaya berikut, para peserta mampu menyerap pelbagai pengetahuan serta pengalaman dari para narasumber, untuk kemudian diterapkan atas kehidupan berkesenian di tempat masing-masing. Dengan inilah semoga Kemah Budaya Pantura 2019 menjadi bentuk kegiatan dialog secara luas di dalam berkebudayaan yang efektif, menuju kehidupan masyarakat kreatif dan kolektif.

*) Pengurus Rumah Budaya Pantura (sekaligus Panitia Penyelenggara Kemah Budaya 2019).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog